Wednesday, November 5, 2014

LEISURE PLACE #2: THE REPUBLIC OF BURGER








THE REPUBLIC OF BURGER



The Republic of Burger adalah sebuah restoran dan café yang terletak di bilangan Ciipete, Jakarta Selatan. Sejarah pemilihan nama restoran ini sendiri berasal dari keinginan pemilik agar masyarakat mengetahui The Republic of Burger ini sebagai restoran tempat dimana orang-orang dapat memakan burger secara bebas dan tanpa batasan, dalam artian mereka dapat bebas memilih ingin burger yang mereka pesan seperti apa, dan pastinya berbeda dengan tempat makan burger pada umumnya. Restoran sekaligus café yang buka sejak pertengahan tahun 2013 ini mengusung konsep Simple Rustic dan Industrial.

Menu-menu yang ditawarkan oleh The Republic of Burger cukup beragam, ada aneka pasta, namun yang paling menonjol adalah untuk pilihan burger-nya, dan untuk burger yang paket, fries-nya pun dapat di customize. Untuk menu minumannya, The Republic of Burger memiliki Nutella Blended yang menjadi unggulannya. Range harga untuk menu makanan yang ditawarkan oleh Republic of Burger adalah berkisar antara Rp 50.000 sampai dengan Rp 150.000, sedangkan range harga untuk minuman berkisar dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 50.000. Jadi, cost yang akan dikeluarkan per person sekitar Rp 100.000 untuk makan dan minum.

Republic of Burger ini sendiri  memang mendesain khusus untuk menu burgernya dengan ukuran yang jumbo, agar berbeda dengan kebanyakan burger pada umumnya. Selain itu, menu burger itu sendiri bisa bisa di customize, terutama untuk side dish-nya yaitu french fries. Menurut beberapa konsumen yang sudah pernah kesana, kekentalan dalam konsep restoran ini sudah sangat sesuai dengan menu utama mereka, yakni burger. Tempat yang cozy ini biasa didatangi oleh pengunjung yang hanya ingin sekedar makan dan minum, hingga orang-orang yang ingin ‘nongkrong’, misalnya para mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas.

Biasa Republic of Burger ini ramai pada saat jam makan siang, dan banyak juga konsumen yang merupakan orang-orang kantoran daerah sekitar karena memang letak dari Republic of Burger ini sendiri sangat strategis. Tidak sedikit juga konsumen yang datang adalah keluarga yang ingin menghabiskan quality time-nya sambil menikmati burger di restoran ini. Selain itu, service yang diberikan juga sangat menunjang restoran ini untuk menjadi pilihan para konsumen.

Menurut beberapa pengakuan dari konsumen yang pernah datang ke Republic of Burger ini, satu hal yang menurut mereka menjadi hal yang dirasa membuat kurang nyaman bagi konsumen adalah lahan parkir yang kurang memuat kapasitas banyak, dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi para konsumen untuk mengunjungi tempat ini.

LEISURE PLACE #1: PARC 19








PARC 19

PARC 19 adalah sebuah bistro terrace yang terletak di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Nama restoran ini sendiri berasal dari lokasi tempat yang berada di Jl. Taman Kemang no. 19. Restoran sekaligus café yang buka sejak tahun 2012 ini mengusung konsep Rustic tahun 40-an yang sangat kental terasa saat tamu memasuki area dalam restoran.

Menu-menu yang ditawarkan oleh PARC 19 sangat beragam, mulai dari Asian, Western, hingga European. Untuk menu minuman, PARC 19 juga menyediakan alkohol, namun pemesan harus menggunakannya dengan responsible. Range harga dari menu makanan di Parc 19 itu berkisar dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 200.000. Untuk range harga menu minuman yang ada di Parc 19 adalah berkisar antara Rp 20.000, dan sampai jutaan rupiah bila konsumen membeli minuman alkohol (botol).

Menurut pendapat beberapa konsumen yang pernah datang ke Parc 19, menurut mereka hal yang paling menonjol adalah service yang Parc 19 berikan terhadap konsumen mereka. Para konsumen menganggap bahwa Parc 19 sangat mempedulikan kenyamanan dan kepuasan dari para konsumennya. Selain itu, letak strategis dari Parc 19 sendiri membuat banyak konsumen prefer untuk datang ke Parc 19 dibandingkan datang ketempat lain yang ada di sekitaran situ. Konsep yang diciptakan oleh Parc 19 pun memberikan kesan yang sangat baik bagi para konsumennya sehingga para konsumen merasa nyaman dan merasakan bahwa Parc 19 tersebut memberikan ambience yang beda daripada tempat lain yang ada disekitar bilangan Kemang. Namun, hal yang sangat disayangkan dari Parc 19 adalah lahan parkirnya yang terlalu kecil, hanya memuat sekitar 7-8 mobil, dimana hal tersebut dapat membuat para konsumennya merasa kurang nyaman.

Parc 19 sendiripun sangat memperhatikan segi promosi dari café-nya. Mereka selalu meng-update apabila ada promosi. Terbukti dari, Parc 19 berkala sebulan sekali mengganti papan-papan promosi yang terletak di meja resepsionis dekat pintu masuk café. Selain itu, di setiap meja-meja yang ada, mereka menaruh beberapa pamflet kecil untuk mempromosikan menu-menu mereka, berserta menginformasikan bila ada diskon atau sebagainya. Selain itu, Parc 19 menggunakan social media sebagai tempat mereka untuk mempromosikan brand nya lebih baik, dan menurut mereka itu adalah cara yang paling efektif untuk mempromosikan Parc 19. Tidak ketinggalan juga, Parc 19 secara direct mempromosikan menu atau event-event yang mereka buat kepada para konsumennya via e-mail ataupun SMS.