Sunday, September 28, 2014

JAKARTA REPOSE PROJECT #4


NAMA:                    CHETIA GESUMA
UMUR:                    54 TAHUN
STATUS:                 MENIKAH
PEKERJAAN:        IBU RUMAH TANGGA
DOMISILI:             KELAPA GADING, JAKARTA UTARA


“Menurut tante sih leisure itu ya.. me time.”


           Informan yang keempat kali ini adalah ibu dari seorang sahabat SMA saya, yakni tante Chetia. Beliau kini berusia 54 tahun dan merupakan seorang ibu rumah tangga. Beliau memiliki tiga orang anak, dua laki-laki dan satu perempuan. Anak pertama dan kedua sudah bekerja sedangkan anak yang ketiga sekarang baru lulus kuliah. Kegiatan yang dilakukan oleh beliau sehari-hari adalah melakukan pekerjaan rumah tangga sama seperti ibu rumah tangga pada umumnya. Menurut beliau, leisure itu adalah waktu untuk quality time with herself, dalam artian adalah waktu yang harus ada untuk menghilangkan stress, refreshing, dan relaxing. Kegiatan favorite yang biasa beliau lakukan saat waktu luang adalah bertemu dengan teman-teman lamanya, sambil melakukan arisan, “maksudnya tuh arisannya gak gede-gede, cuma buat ngumpul-ngumpul aja, gitu.”, ujar beliau. “Kalo belanja-belanja sih bisa dibilang hobi gak hobi deh.”, ujarnya sambil tertawa. Beliau juga rutin melakukan kegiatan arisan dalam mengisi waktu luangnya yakni sebulan sekali, “kalo ketemu temen-temen itu kita memang sering itu sebulan sekali lah.”, jawab beliau.

             Beliau juga memberitahu cara me-manage budgeting untuk leisure time-nya dengan keluarga yaitu dengan cara menyisihkan sebagian uang dari uang bulanan yang diberikan oleh suaminya karena beliau tidak bekerja. Beliau tidak mempersiapkan budget khusus untuk liburan keluarganya. Kegiatan yang beliau sering lakukan dalam mengisi waktu luangnya dengan keluarga adalah pergi jalan-jalan misalnya seperti ke Bandung, dan mengincar kuliner dari tempat yang dituju. Namun dibalik ke easy-going-annya, beliau juga memiliki beberapa kegiatan yang dirasa kurang menarik untuk dilakukan saat leisure time, yaitu kegiatan-kegiatan yang berbau olah raga, ataupun memacu adrenalin atau adventure. Namun berbeda dengan tante Chetia, anak-anak lelakinya masih menyukai kegiatan yang berbau olah raga untuk menghabiskan waktu luangnya  “yang cowo sih biasanya ya itu sendiri.. seperti lari, yang gitu-gitu deh.. berenang. Kalo yang cewe ya gitu karena emang dia hobi masak, ya kadang-kadang kita masak sama-sama.”, ujarnya sambil bercerita mengenai hobi anak laki-laki dan anak perempuannya. Setelah berbicara banyak tentang ketiga anaknya, tante Chetia akhirnya bercerita mengenai hobi dan kegiatan apa yang suka beliau lakukan pada saat waktu luang dirumah. Beliau menyukai baca buku, dan terlebih beliau sangat suka memayet baju. Beliau lebih menyukai menghabiskan waktu luangnya didalam rumah karena menurutnya bila keluar rumah, beliau merasa Jakarta sudah terlalu padat dan macet. Tante Chetia juga kurang menyukai tempat outdoor yang terlalu bising dan ramai, “pusing tante. Kayak mall-mall yang terlalu rame orang..  kan pusing.”, ujarnya.

          Tante Chetia juga sempat bercerita pengalaman yang kurang menyenangkan saat mengisi waktu luangnya yakni pada saat liburan bersama keluarga ke Malaysia, “disana sebetulnya tuh kita pesen kamarnya tuh untuk triple, tapi didalem kamarnya tuh kita dikasih yang double.. kita gak sadar karena kita check-in tuh udah malem. Terus tau-tau abis mandi kita baru sadar.”. Tante Chetia juga mengutarakan hal yang sebenarnya membuat ia kesal adalah karena menurutnya pihak hotel yang bersalah namun bagian front desk hotel itu tidak mau mengaku salah, “yang tante kesel tuh ya, itu si front desk nya tuh ya gak mau ngaku.. tadinya dia gak mau ngaku kalo dia yang salah. Itu sih yang bikin jengkel.”, ujarnya sambil terlihat kekesalan diraut muka beliau saat menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan itu.

            Seperti kebanyakan orang pada umumnya, tante Chetia juga menyukai tempat yang sejuk dan banyak pepohonan hijaunya. Beliau bercerita mengenai memorable experience-nya saat ia berlibur dengan keluarga di Malaysia. Beliau sangat menyukai sebuah taman yang terletak ditengah-tengah sebuah mall, karena taman tersebut sangat bagus, dan taman tersebut banyak yang mengunjungi. Beliau sangat mengharapkan ada tempat seperti itu di Jakarta.

No comments:

Post a Comment