Tuesday, September 30, 2014

JAKARTA REPOSE PROJECT #5


NAMA:                   SANDY
UMUR:                   20 TAHUN
STATUS:                BELUM MENIKAH
PEKERJAAN:       GROOMING PETS
DOMISILI:            KRAMAT DJATI, JAKARTA TIMUR


“Gak bisa pergi ke alam luas, kalo di Jakarta itu.”

            Sebagai seorang pegawai di sebuah salon hewan atau pet shop di Jakarta, Sandy, yang berusia 20 tahun ini memiliki kegiatan utama merawat atau grooming hewan, terutama kucing. Ia merasa bahwa waktu luang adalah sebuah hal yang penting, yang harus ada dalam kesehariannya. Menurutnya, definisi waktu luang itu sendiri adalah kegiatan yang dilakukan guna menyegarkan pikira, dan refreshing dari pekerjaan sehari-hari, “bisa beristirahat, memulihkan tenaga, menjernihkan pikiran.”, ujarnya. Ia mengaku kegiatan yang biasa ia lakukan disaat waktu luang adalah beragam kegiatan simple seperti ngopi, nonton TV, dan tidur atau beristirahat. Disela-sela kepadatannya pekerjaannya sehari-hari, Sandy selalu menyempatkan atau meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan leisure-nya itu.

           Ia juga mengaku bahwa beberapa aktifitas leisurenya itu bisa dipengaruhi oleh teman-temannya, dan memang ada beberapa yang ia lakukan karena memang itu merupakan interest dia sendiri. Contohnya seperti pergi ke kedai kopi. Ia kebetulan menyukai kegiatan tersebut, dan juga beberapa temannya mengajaknya untuk mengisi waktu luang bersama dengan pergi ke kedai kopi, “kalo nongkrong kayak gitu, biasanya diskusi tentang tugas, yaudah kayak gitu-gitu doang.”, ujar Sandy. Menurut Sandy, kegiatan yang ia lakukan dalam mengisi waktu luang tidak mesti selalu rutin dilakukan, misalnya seperti pergi bersama teman, ia mengaku bahwa kegiatan tersebut dilakukannya hanya apabila memang memiliki waktu saja, “nggak.. nggak dipatokin hari ini pergi, besok juga harus pergi. Nggak.”, jawabnya.

     Sandy juga sempat bercerita mengenai pengalamannya mengenai tempat yang memorable baginya, “tempatnya.. kayak air terjun gitu, pernah datengin di Cianjur.”, ujarnya sambil mengenang liburannya ke Cianjur pada waktu itu. Namun, menurut Sandy, ada beberapa kegiatan yang tidak dapat ia lakukan karena faktor waktu yang menghambat, seperti bepergian keluar kota untuk menikmati alam yang sejuk. Alasan utamanya waktu menjadi penghambat baginya adalah karena terkait urusan pekerjaan. Pilihannya untuk dapat berlibur keluar kota tidak terlepas dari keinginannya untuk melakukan kegiatan yang berbau adventure, yakni hiking atau naik gunung. “Pengalaman di gunung-gunung terpencil di daerah Cianjur. Pengalamannya.. seru aja. Bisa mengenal alam lebih dekat, bisa merasakan alam yang sesungguhnya.”, jawabnya sambil bercerita mengenai pengalamannya. Sandy sebagai orang yang ingin dapat lebih dekat dengan alam, sangat berharap adanya tempat atau venue yang serupa dengan alam luas untuk dapat dinikmati di Jakarta. Menurutnya, di Jakarta sudah terlalu banyak gedung, dan mall sehingga sangat sedikit lahan yang ada untuk dapat dinikmati sebagai alam bebas.

No comments:

Post a Comment